Ada beberapa hal yang ingin
dicapai dalam aspek teknik dan teknologi ini yaitu:
1.
Agar perusahaan dapat
menentukan lokasi yang tepat baik untuk lokasi pabrik, gudang, kantor cabang
maupun kantor pusat
2.
Agar perusahaan dapat
menentukan layout yang sesuai dengan proses produksi yang dipilih, sehingga
dapat memberikan efisien.
3.
Agar perusahaan bisa menentukan
teknologi yang paling tepat dalam menjalankan produksinya.
4.
Agar perusahaan dapat
menentukan metode persediaan untuk kelancaran proses produksinya
5.
Agar dapat menentukan kualitas
tenaga kerja yang dibutuhkan sekarang dan dimasa yang akan datang.
1.
Pemilihan Strategi Produksi
Agar
barang dan/atau jasa yang akan diproduksi dapat memenuhi kebutuhan konsumen,
biasanya didahului dengan suatu kegiatan penelitian, seperti penelitian pasar
dan pemasaran
2.
Pemilihan dan Perencanaan Produk
Setelah
beberapa alternatif ide produk tersaring, selanjutnya akan dikaji produk
(beberapa produk) apa yang menjadi prioritas untuk diproduksi. Biasanya, untuk
menetapkan produk tersebut akan dilakukan melalui tahapan-tahapan pekerjaan.
3.
Pemilihan Teknologi
Pilihan
teknologi untuk berproduksi pada dekade milenium baru saat ini, baik untuk
produk barang maupun jasa, telah dan sedang berkembang terus sesuai dengan
kemajuan zaman. Hendaknya, kemajuan teknologi membawa efisiensi yang tinggi
pada proses produksi sekaligus menghasilkan produktivitas yang tinggi pula.
Akan tetapi, selain keuntungan-keuntungan, juga terdapat kelemahan-kelemahan
atas perkembangan teknologi ini, misalnya, teknologi tersebut belum tentu cocok
dengan lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan eksternalnya. Implikasi
strategis pengelolaan teknologi yang efektif telah ditunjukan oleh misalnya
perusahaan Kodak. Dengan mencadangkan anggaran riset dan pengembangan yang
lebih dari rata-rata perusahaan sejenis dalam rangka menghasilkan produk baru,
dan inovasi proses yang dilakukannya, telah mnempatkan ia pada posisi sebagai
leader dalam industry kamera.
4.
Rencana Kapasitas Produksi
Kapasitas
didefinisakan sebagai suatu kemampuan pembatas dari unit poduksi untuk
berproduksi dalam waktu tertentu. Kapasitas dapat dilihat dari sisi masukan
(input) atau keluaran (output).
5.
Rencana Kualitas
Kualitas
produk merupakan hal penting bagi konsumen.Kualitas produk, baik yang barang
maupun jasa perlu ditntukan melalui dimensi-dimensinya.
6.
Lokasi bisnis
Lokasi
bisnis pada aspek teknis terdiri dari lokasi lahan pabrik serta lokasi untuk
bukan pabrik. Lokasi buka pabrik yaitu lokasi untuk kegiatan yang secara
langsung tidak berkaitan dengan proses produksi yakni meliputi lokasi
pembangunan administrasi perkantoran dan pemasaran. Pemilihan lokasi baiknya
digolongkan sesuai dengan ciri output dan bisnis yang bersangkutan.
7.
Layout
Layout
merupakan keseluruhan proses penentuan bentuk dan penempatan
fasilitas-fasilitas yang dimiliki suatu perusahaan. Layout mencakup layout
slide (layout lahan lokasi bisnis), layout pabrik, layout bangunan bukan
pabrik, dan fasilitas-fasilitasnya.
8.
Manajemen Persediaan
Persediaan
barang biasanya digunakan untuk mengantisipasi permintaan konsumen yang
meningkat secara tajam, atau untuk mensuplai kekurangan bahan baku. Persediaan
barang yang tidak lancar akan mengurangi jumlah barang jadi yang dapat
dihasilkan.
9.
Pengawasan Kualitas Produk
Kualitas
produk baik barang maupun jasa merupakan suatu kesatuan karakteristik produk
dan jasa dari pemasaran, rekayasa, manufaktur, dan pemeliharaan yang membuat
produk dan jasa dapat memenuhi harapan-harapan para konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar